Gejala bersin-bersin karena alergi dingin, bagaimana mengatasinya?



Cara mengatasi bersin-bersin karena alergi dingin memang tidak mudah, sebagian orang akan memikirkan hal ini karena gejala alergi dingin sangat mengganggu terutama saat pergantian cuaca yang kadang suhu sangat ekstrim, hal ini sering menyebabkan tubuh kita mengalami penyesuaian dan terjadi batuk pilek sampai alergi lainnya.

Pada tiap orang, gejala yang muncul kadang tidak sama mengingat beberapa faktor yang mempengaruhi, termasuk daya tahan orang itu sendiri. Kadang ada orang yang peka dengan perubahan cuaca ekstrim yang terjadi, namun tidak sedikit yang merasa biasa saja dan tidak terganggu dengan  hal tersebut.


Kita dapat mengambil berbagai sikap untuk mengatasi cuaca dingin tersebut agar tidak menimbulkan gangguan yang serius, sehingga aktivitas dan pekerjaan tetap dapat berjalan lancar seperti biasanya. Hal ini patut diperhatikan mengingat masih banyak yang menganggap sepele hal seperti ini yang berujung pada penderitaan saat bekerja dan terhambatnya aktivitas seperti biasanya.

Cuaca yang dingin terutama didaerah pegunungan seperti pegunungan bagi sebagian orang dapat menyebabkan keluhan semacam alergi, terutama menjelang musim kemarau seperti sekarang ini. Dimalam hari dan pagi hari, tak jarang kalau pas bangun tidur mendadak bersin-bersin seperti orang mau pilek.

Namun gejala tersebut hanya terjadi sebentar, dan kalau cuaca menjadi panas akan hilang dengan sendirinya.

Saya juga pernah mengalami hal ini, terutama apabila kondisi badan kurang fit, dan ada juga keluhan ringan lainnya seperti gatal-gatal pada kulit. Semua itu dapat terjadi karena adanya reaksi dari tubuh kita terhadap perubahan suhu udara yang dingin, dan hal ini wajar terjadi didaerah dataran tinggi.

Kalau saya sendiri tidak pernah menganggap alergi dingin tersebut sebagai hal yang serius, meskipun pernah sampai menjadi pilek berat dan tidak kunjung sembuh. Namun biasanya apabila kita menderita alergi yang semacam itu akan sembuh dengan sendirinya.

Yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terkena alergi dingin mungkin dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menghangatkan badan, tidak hujan-hujanan dan memakai pakaian hangat terutama ketika malam hari.

Bila gejala yang muncul cukup serius dan cukup mengganggu maka tindakan yang paling tepat adalah segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Ini sangat penting dilakukan mengingat masih banyak yang belum menyadari bahwa kondisi tersebut dapat menjadi lebih buruk sehingga akan mengganggu kesehatan kita.



Loading...

Artikel Terkait Gaya Hidup