Contoh berita acara serah terima barang yang baik



Menyusun berita acara serah terima barang aset, inventaris atau barang pengadaan memang tidak mudah. Dituntut ketelitian dalam menyusun berita acara ini sehingga tidak ada item yang terlewatkan karena kalau sampai ada yang kelewatan akan sulit memperbaikinya. Apalagi sudah terlanjur membuat laporan lengkap kemudian kita merevisi dari awal rasanya sangat berat.

Mungkin sudah banyak yang membagikan contoh berita acara serah terima barang atk atau hibah yang benar, namun tidak ada salahnya kalau mengulas kembali karena hal ini bisa saja memberikan kesan berbeda saat kita menyusun laporan tersebut sendiri.


Format berita acara serah terima barang yang benar

Bukan hanya kerapian dalam menyusun berita acara ini namun bagaimana kita mengulas dengan benar hal itu akan berpengaruh pada keadaan selanjutnya yang akan membawa perubahan tersendiri sehingga tidak ada orang yang melewatkan sesuatu sebagaimana kita berusaha mencari hal itu yang terbaik.

Apabila anda sedang mencari format penyusunan berita acara, maka berikut ini salah satu contoh berita acara serah terima barang atau BAST. Berita acara ini sangat penting terkait dengan serah terima benda/ barang yang anda lakukan.

Format menyusun berita acara sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan, namun salah satu contoh penulisan berita acara yang benar adalah seperti dibawah ini, untuk menyesuaikan dengan keperluan anda, silakan diedit-edit sendiri:

Berita Acara Serah Terima (BAST) :


 Kop Nama K/L/D/I

BERITA ACARA SERAH TERIMA (BAST)

PEKERJAAN PENGADAAN ___________

No. ______________________



Pada hari ini ______, tanggal ______bulan ________ tahun ___________ (__-__-____), kami yang bertanda tangan dibawah ini :


1.         ______________:

     
Panitia / Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan_________________, _______________________, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Pejabat Pembuat Komitmen___,K/L/DI___________________, yang beralamat di ___________________________, yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

2.         _____________ :

Direktur ____________, yang berkedudukan di ______________________, yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Berdasarkan kontrak/SPK No.:_____________________tanggal___Bulan ____Tahun ____, Pihak pertama telah melakukan pemeriksaan sesuai ketentuan kontrak/SPK sebagai berikut :

1. (ketentuan pemeriksaan dalam Kontrak/SPK)

2.

 Kedua belah telah pihak sepakat untuk mengadakan serah terima pekerjaan sesuai dengan ketentuan Kontrak/ Surat Perintah Kerja sebagai berikut :

1.  (sesuai jenis, spesifikasi teknis, jumlah, waktu, tempat, fungsi dan/atau ketentuan lainnya.  dalam Kontrak/SPK)

2.

3.

dari PIHAK KEDUA kepada PIHAK PERTAMA dan PIHAK PERTAMA menerima dengan baik pelaksanaan pengadaan tersebut.

Demikian Berita Acara Serah Terima ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

PIHAK KEDUA


___________

Direktur


PIHAK PERTAMA,


________________

NIP. _______________


________________

NIP. ______________


________________

NIP. ______________


Dari contoh diatas memang masih dalam format yang biasa saja, silakan sesuaikan dengan kebutuhan dan tata letak yang baik sehingga diperoleh berita acara yang paling sesuai digunakan untuk kebutuhan saat ini.

Sehingga akan makin jelas dan mudah dipahami meskipun kita hanya melihat sekilas berita acara tersebut, dan tidak menyisakan pertanyaan yang berujung pada koreksi kelak di kemudian hari.



Loading...

Artikel Terkait Pengetahuan