2 Contoh Puisi Bertema Lingkungan Hidup



Ketika kita dihadapkan pada kondisi alam yang semakin tandus dan rusak, maka menyusun contoh puisi lingkungan hidup akan lebih baik daripada membicarakan hal yang tidak bermanfaat seputar pelestarian lingkungan. Puisi dengan tema lingkungan alam sekolah memang dapat dibuat dengan bait kata bebas tidak ada ikatan sepenuhnya, untuk memberikan gambaran mengenai kondisi alam yang dirusak oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab maka setiap orang bebas mengutarakan pendapatnya lewat baris puisi.


Apabila anda juga salah seorang yang gemar menyusun puisi maka tidak ada salahnya untuk mempersembahkan satu topik puisi tentang pemberdayaan alam yang tidak ada batasnya bagi orang tertentu. Setiap hari kita dihadapkan pada fenomena alam yang semakin membuat prihatin karena ulah manusia, untuk itu ada baiknya meninjau kembali perbuatan yang sekiranya dapat merusak kelestarian lingkungan.

Berlatih membuat puisi seputar lingkungan hidup

Apakah kalian mencari puisi dengan topik lingkungan hidup? Jika memang demikian, maka mari kita bahas sedikit tentang puisi dengan tema lingkungan hidup berikut ini.

Salah satu kepedulian kita terhadap bumi ini adalah dengan menjaga kelestarian ekosistem serta menjaga lingkungan hidup agar tetap hijau dan asri.

Namun ada bentuk lain tentang kepedulian kita terhadap lingkungan, yaitu membuat puisi tentang lingkungan hidup tempat tinggal kita dimana kalau dilihat sekarang ini makin banyak pengrusakan lingkungan mulai dari penebangan liar sampai masalah sampah yang semakin mencemari lingkungan.

Puisi Lingkungan Hidup

==============================================
Indah permai alam desaku
Tempatku melepas keluh kesah
Semilir angin dipagi hari
Kini hanya tinggal terganti riuh gergaji

Oh alamku, janganlah kau murka
Pada mereka yang serakah harta
Hingga tak dapat merasakan kebesaranNya

Oh hutanku, bangunlah kembali dari tidur panjangmu
Sambutlah mentari pagi yang cerah
Kuncupmu yang selalu kuharap
Dapat segarkan udara sesak ini
Semoga alamku tetap lestari
==============================================

Panen Raya

==============================================
Yang ku petik adalah emas
Buahnya yang menghijau di sudut pekarangan
Ranum warna pelangi terlukis di kulitnya
Nyanyian burung alam semesta tertawa

Ah kawan, tengoklah diseberang nan jauh disana
Air yang jernih terkelupas indahnya
Tak ada racun tembaga
Tak ada bius dari cerobong pabrik

Anak kecil tertawa membawa bendera
Seolah ucap pada dunia
Ini alamku masih perawan
Ini desaku ramah untukmu wahai kawan

Tertegun aku disini
Sepuluh tahun telah berlalu
Asap dunia kini melanda
Rumput hijau diganti beton angkara murka

Yang ada nyanyian knalpot dedengkot kota
Berebut riuh dengan angkuhnya
Yang ada air limbahnya
Meracun diri, periuk dan nasi
==============================================

Itulah dua puisi dengan topik lingkungan hidup yang dapat saya berikan untuk saat ini, untuk menjaga kelestarian alam, maka tidak ada salahnya kita tetap peduli lingkungan. Bisa dimulai dari hal yang paling kecil yaitu memperhatikan lingkungan dimana kita tinggal agar tetap sehat terjaga. Kalau lingkungan tetap segar, maka tempat-tempat indah seperti air terjun, pegunungan dan tempat lainnya akan senantiasa dapat memberikan inspirasi bagi kita.

Bagaimana menyikapi kehidupan dengan lebih baik lagi dari sebelumnya dan menjadikan segala hal yang terjadi dalam hidup ini lebih baik lagi sehingga semua orang mulai memahami bagaimana pentingnya memperhatikan setiap aspek dalam hidup dengan seksama tanpa adanya perasaan ragu dan ingin pergi dari semua itu.



Loading...

Artikel Terkait Pengetahuan