4++ Cara menahan emosi biar tidak cepat marah



Bagaimanakah cara menahan emosi yang sedang meluap-luap? Cara biar tidak cepat marah memang sangat susah dilakukan terlebih apabila kita sedang terbakar api amarah. Tips mengendalikan amarah tentu saja sangat diperlukan karena dengan pengendalian diri yang benar maka amarah kita tidak akan merugikan orang lain maupun diri sendiri.


Banyak orang yang mengatakan sangat lega setelah melampiaskan kata kata marah dengan membanting benda-benda tertentu atau dengan mencaci maki orang lain, namun apakah hal tersebut merupakan solusi yang tepat? Coba dipikirkan kembali seandainya apa yang kita lakukan untuk melampiaskan amarah tersebut menimbulkan dampak negatif misalnya merusak barang penting yang harganya sangat mahal, atau mencaci maki orang kemudian orang tersebut menjadi dendam kepada kita, bukankah itu merupakan sebuah boomerang?

Dampak menahan marah dan emosi

Lantas bagaimana cara kawal marah yang benar agar tidak ada pihak yang terganggu dan merugikan orang banyak? Tentu ada tips yang dapat dilakukan agar rasa marah serta emosi yang sedang membara tidak menimbulkan efek negatif.

Perlu diketahui juga bahwa memendam amarah serta menahan suatu masalah yang berkepanjangan juga tidak baik jika dibiarkan berlarut-larut. Ibarat menyimpan bara api didalam sekam yang sewaktu-waktu dapat berkobar menimbulkan kebakaran dan merusak segalanya.

Hal terbaik untuk meredam emosi dan rasa marah adalah menyalurkannya melalui jalan yang benar. Bagaimana cara tersebut dapat dilakukan? Ada beberapa kiat yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan diri agar tidak mudah marah. Misalnya dengan mencari kesibukan sesuai dengan hobi, jika anda merasa sedang kecewa dan marah akan sesuatu, mungkin anda perlu memberi kesempatan pada diri sendiri untuk mencari penyegaran.

Beberapa cara agar tidak cepat marah

Lakukan hal-hal yang biasa anda sukai untuk menyalurkan amarah tersebut menjadi hal yang berguna. Atau dapat juga dengan menceritakan masalah anda kepada orang lain yang bisa dipercaya. Misalnya anda menceritakan permasalahan yang membuat anda marah kepada teman baik, sahabat, pacar atau anggota keluarga.

Anda juga bisa mencurahkan rasa kesal anda melalui tulisan misalnya yang suka menulis, menekuni hobi yang lebih bermanfaat. Seperti halnya yang hobi menulis maka dapat menulis rasa kesalnya pada blog pribadi atau catatan buku harian. Dengan meredam dan menyalurkan kemarahan melalui cara yang benar, maka amarah anda tidak akan merugikan orang lain maupun diri sendiri.

Membiasakan diri melatih kesabaran juga dapat mengurangi rasa amarah yang tidak terkendali. Dalam hal ini melatih rasa sabar memang tidak mudah, kesabaran kita seperti selalu di uji sehingga menyebabkan kita merasa perlu mencari cara terbaik untuk keluar dari masalah tersebut.

Berkumpul dengan teman atau orang dapat mencairkan suasana, hal ini sangat berguna untuk menghilangkan emosi dan rasa kesal yang saat ini mungkin tengah menguasai Anda. Pada akhirnya akan dapat menjernihkan pikiran kembali sehingga dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.



Loading...

Artikel Terkait Gaya Hidup